Visi & Misi

VISI

Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan.

Dalam beberapa literatur disebutkan bahwa Visi yang efektif antara lain harus memiliki karakteristik dapat dibayangkan, menarik, realistis dan dapat dicapai, jelas dan mudah dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat dan pihak lainnya.

Untuk masyarakat Kampung Long Duhung, setelah melalui proses partisipasi yang panjang dan dengan mempertimbangkan karakateristik kampung dan cita-cita masyarakat dimasa depan, maka visi Kampung Long Duhung adalah sebagai berikut :

“Terwujudnya Masyarakat Kampung Long Duhung sejahtera, berpendidikan tinggi, ekonomi  dan  energi yang  mandiri, Damai Kampungnya Alam tetap Lestari *(BEDA)*. Melalui pemerintahan yang bertanggung jawab, dan pengelolaan sumber daya alam yang ramah lingkungan.”

 

MISI

Untuk menterjemahkan mimpi masyarakat Long Duhung yang telah disampaikan melalui VISI, maka masyarakat kampung selanjutnya menyusun MISI.  MISI adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga, komunitas, kelompok maupun individu dalam usahanya mencapai VISI.

Dalam operasionalnya orang berpedoman pada pernyataan misi yang merupakan hasil kompromi intepretasi Visi. Misi merupakan sesuatu yang nyata untuk dituju serta dapat pula memberikan petunjuk garis besar cara pencapaian Visi. Pernyataan Misi memberikan keterangan yang jelas tentang apa yang ingin dituju serta kadangkala memberikan pula keterangan tentang bagaimana cara lembaga, organisasi, komunitas, kelompok atau perorangan dalam bekerja. Mengingat demikian pentingnya pernyataan misi maka selama pembentukannya perlu diperhatikan masukan-masukan dari anggota lembaga serta sumber-sumber lain yang dianggap penting.

Terkait dengan hal tersebut, mengacu dari VISI, Kampung Long Duhung menyusun MISI sebagai berikut :

1. Menyelenggarakan Pemerintahan Kampung yang bertanggung jawab
2. Menyelenggarakan pembangunan skala Kampung yang tepat sasaran
3. Membina seluruh masyarakat sesuai kebutahan
4. Meningkatkan Kualitas Pendidikan guna  meningkatnya kapasitas Sumberdaya Manusia masyarakat Kampung Long Duhung
5. Memperkuat gotong royong
6 Mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan